Halaman

Jumat, 10 Mei 2013

ORGAN REPRODUKSI



Reproduksi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan yang baru. Tujuannya adalah untuk mempertahankan jenisnya dan melestarikan jenis agar tidak punah. Pada manusia untuk menghasilkan keturunan yang baru diawali dengan peristiwa fertilisasi. Sehingga dengan demikian reproduksi pada manusia dilakukan dengan cara generatif atau seksual.  Untuk dapat mengetahui reproduksi pada manusia, kita harus mengetahui terlebih dahulu organ-organ kelamin yang terlibat serta proses yang berlangsung di dalamnya.

ORGAN REPRODUKSI PRIA



gambar 1. Organ Reproduksi Pria

 


Organ reproduksi pria dibagi menjadi organ reproduksi bagian luar dan organ reproduksi bagian dalam. Organ reproduksi bagian luar terdiri atas penis dan skrotum. Adapun organ reproduksi bagian dalam terdiri atas testis, saluran pengeluaran, dan kelenjar aksesoris.  

(Untuk lebih dalam pengetahuan kalian mengenai apa saja organ/alat reproduksi pria, silakan download video pembelajaran 1)


 ORGAN REPRODUKSI WANITA



Gambar 2. Organ Reproduksi Wanita

 
Organ reproduksi pada wanita dapat dibedakan menjadi organ kelamin luar dan organ kelamin dalam. Organ reproduksi luar terdiri dari Vagina, sedangkan organ reproduksi dalam terdiri dari Ovarium, Tuba fallopi, Oviduct, Uterus, dan Cervix.

(Untuk lebih dalam pengetahuan kalian mengenai apa saja organ/alat reproduksi wanita, silakan download video pembelajaran 2)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar